Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Kedunggede

Image

KEDUNGGEDE.DESA.ID — Kamis, 25 Juli 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan kegiatan Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Kedunggede dalam rangka membangun Desa Tangguh Bencana. Berlangsung di Pendopo Balai Desa Kedunggede dan Lembu Benggolo Farm & Resort, rangkaian kegiatan diisi paparan Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas dan Tim BPBD serta diikuti oleh masyarakat Desa Kedunggede.

Dibuka oleh Kepala Desa Kedunggede Bapak Sutomo, Bu Camat Lumbir (BCL) Susanti Tri Pamuji, S.STP., M.Si. dan Kepala Pelaksana BPBD Banyumas; Bapak Budi Nugroho, S.STP., M.Si. Materi & praktik disampaikan antara lain dari narasumber PMI Banyumas; Teknik Dasar Pertolongan Darurat oleh Mas Irsyad Prio Ambodo, lalu Bapak Anwar Burhani, S.T. (Kabid. Rehabilitasi & Rekonstruksi BPBD Banyumas) yang mempresentasikan perihal Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pemulihan Pasca Bencana Skala Desa. Dan terakhir oleh Bapak Budi Nugroho, S.STP., M.Si. yang mengulas tentang Kebijakan & Strategi Penanggulangan Bencana.

Acara ditutup dengan praktik atau simulasi peragaan penanggulangan bencana dari materi di atas yang dilaksanakan di kompleks Lembu Benggolo "Sida Mulya" Farm & Resort Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir.

Desa Kedunggede merupakan salah satu Desa yang rawan bencana alam, sehingga dengan terbentuknya Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Kedunggede ini mampu menjadi pilar dan garda terdepan elemen warga desa dalam menghadapi bencana/Desa Tangguh Bencana. Seluruh kegiatan ini didanai menggunakan APBD Kabupaten Banyumas. [Bastyo]

 

Video Simulasi Penanganan Bencana:


Dokumentasi Acara:

.

Komentar