Mahasiswa KKN Unsoed Ramaikan Festival Kambing Lumbir 2024

Image

Kamis, 8 Agustus 2024, Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jenderal Soedirman mengikuti kegiatan Festival Kambing Lumbir 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Lumbir dengan tagline “Bersama Beternak Berdaya Mewujudkan Kecamatan Lumbir sebagai Sentra Peternakan Kambing di Kabupaten Banyumas”. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) terlibat langsung baik dalam tahap persiapan maupun saat kegiatan dilaksanakan. Salah satunya adalah lomba bazar UMKM tiap desa, mahasiswa KKN Unsoed membantu Ibu-Ibu Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Kedunggede dengan membuat desain banner, logo serta kemasan produk UMKM dan hasil pertanian. Selain itu pada H-1 kegiatan, mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman juga ikut membantu TP-PKK membuat konsep dan menghias stand UMKM Desa Kedunggede bersama dengan mahasiswa KKN UMP.

Pada saat kegiatan Festival Kambing ini, mahasiswa KKN Unsoed terlibat aktif dalam promosi stand UMKM Desa Kedunggede. Berkat kerjasama sama yang baik antara Ibu-Ibu TP-PKK Desa Kedunggede, mahasiswa KKN Unsoed dan KKN UMP Desa Kedunggede dapat meraih Juara 1 Lomba Stand UMKM kepada Desa Kedunggede.

Stand UMKM diikuti oleh perwakilan dari 10 Desa se-Kecamatan Lumbir, Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Satria Mandiri Lkd., PLKB Lumbir, Program Keluarga Harapan (PKH) Lumbir, dan Asosiasi Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Banyumas (Aspikmas) Lumbir.

Selain berpartisipasi dalam kegiatan stand UMKM, salah satu mahasiswa KKN Unsoed juga ikut serta dalam lomba kambing. Tio Ardhana, mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed mendapatkan kepercayaan dari dewan juri dan panitia untuk membantu dalam proses penilaian kambing, “Saya sangat bersyukur diminta membantu secara langsung menjadi asisten juri, itu menjadi pengalaman yang sangat berharga dan semoga dapat memberikan motivasi bagi saya sendiri dalam pengembangan dunia peternakan di masa depan”, ujar Tio.

Festival Kambing Lumbir memperlombakan empat jenis kambing, yaitu Betina Induk/Calon Induk Peranakan Etawa (PE), Pejantan/Calon Pejantan PE, Betina Induk/Calon Induk Jawa Randu, dan Pejantan/Calon Pejantan Jawa Randu. Lalu pengkategorian kelas berdasarkan tinggi badan: di atas 81 cm, antara 66-80 cm, dan di bawah 65 cm.

Salah satu peternak dari Warga Desa Kedunggede, Sarwono, meraih Juara 1 kategori Bakalan Betina PE dan juara 3 untuk Indukan Betina PE.

Harapan dengan dengan diadakannya kegiatan Festival Kambing Lumbir 2024 dapat berdampak positif pada pelaku usaha peternakan dan UMKM lain di setiap desa yang ada di Kecamatan Lumbir. (Jupiter, Tim KKN Universitas Jenderal Soedirman 2024)

.

Komentar